Awal pelajaran
atau awal setiap penggal kegiatan dalam inti pelajaran guru harus melakukan
kegiatan membuka pelajaran. Komnponen ketrampilan itu adalah menarik perhatian,
menimbulkan motivasi dan materi acuan.
Komponen dan
aspek itu meliputi :
1.
Menarik Perhatian Siswa
Cara yang dapat dipergunakan :
a.
Gaya Mengajar Guru
Perhatian dapat timbul dari apresiasi gaya mengajar guru
seperti posisi, atau kegiatan yang berbeda dari biasanya.
b.
Penggunaan Alat
Bantu Mengajar
Seperti : gambar, model, skema, disamping menarik
perhatian memungkinkan terjadinya kaiatan antara hal yang telah diketahui
dengan hal yang dipelajari.
c. Pola Interaksi Yang Bervariasi.
Seperti guru-siswa, siswa-siswa, siswa-guru.
2.
Menimbulkan
Motivasi
Cara untuk menimbulkan motivasi
a.
Dengan Hangat
dan Antusias
Hendaknya ramah, antusias, bersahabat dan sebagainya.
Sebab dapat mendorong tingkah dan kesenangan dalam mengerjakan tugas sehingga
motivasi siswa akan timbul.
b.
Menimbulkan Rasa
Ingin Tahu
Melontarkan ide yang bertentangan dengan mengerjakan
masalah
atau kondisi diri kenyataan sehari-hari
Contoh : Kalau transmigrasi dapat meningkatkan kemakmuran
penduduk mengapa banyak penduduk di pulau jawa tidak mau transmigrasi.
c.
Dengan
Memperhatikan Minat Siswa.
Menyesuaikan topik pelajaran dengan minat siswa karena
motivasi dan minat berpengaruh pada jenis kelamin, umur, sosial ekonomi dan
sebagainya.
3.
Memberi Acuan
(Structuring)
Yaitu usaha untuk mengemukakan secara spesifik dan
singkat serangkai alternatif yang memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang
jelas hal-hal yang harus dipelajari.
Untuk itu cara yang dilakukan adalah :
a.
Mengemukakan
tujuan dan batas tugas hendaknya guru mengemukakan tujuan pelajaran terlebih
dahulu batas tugas yang dikerjakan siswa.
Contoh : Guru : hari ini kita
belajar mengarang cerita perhatikan tiga buah gambar berikut lalu berdasarkan
gambar itu tulis suatu cerita yang panjangnya lebih kurang 100 kata
b.
Menyarankan
Langkah-Langkah Yang Dilakukan
Tujuannya adalah agar dalam
pelajaran siswa akan terarah usahanya dalam mempelajari materi dan tugas jika
guru memberi saran dan langkah-langkah kegiatan yang dilakukan misalnya :
Guru : tugas kalian adalah membuktikan pada temperature berapa derajat celcius air mendidih langkah yang harus kalian kerjakan adalah :
Guru : tugas kalian adalah membuktikan pada temperature berapa derajat celcius air mendidih langkah yang harus kalian kerjakan adalah :
Mengukur temperature yang belum
dipanasi
Lalu nyalakan lampu spirtus ini
dan panaskan air dalam gelas ini
Jika air sudah mendidih catatlah berapa suhunya sesuai dengan yang kelihatan pada temperatur.
Jika air sudah mendidih catatlah berapa suhunya sesuai dengan yang kelihatan pada temperatur.
c.
Mengingatkan
Masalah Pokok Yang Dibahas
Misalnya : Dengan mengingatkan
siswa untuk menemukan hal-hal yang positif dari sifat suatu konsep, tanda,
media, hewan dan lain-lain.
Selain itu tunjukan juga hal
negatif yang hilang atau kurang lengkap.
Contoh : Periksalah bahan-bahan ini dan tentukan mengapa beberapa batu dapat digolongkan dalam jenis batu yang mengandung biji besi dan yang lain tidak.
Contoh : Periksalah bahan-bahan ini dan tentukan mengapa beberapa batu dapat digolongkan dalam jenis batu yang mengandung biji besi dan yang lain tidak.
d.
Mengajukan
pertanyaan
Pertanyaan diajukan sebelum
memulai penjelasan akan mengarahkan siswa dalam mengantisipasi isi pelajaran
yang akan dipelajari.
Contoh : Sebelum memutar film
tentang siklus kehidupan nyamuk guru mengajukan pertanyaan untuk membantu siswa
memahami siklus nyamuk yang digambarkan oleh film tersebut.
4.
Membuat Kaitan
Jika guru mengerjakan materi baru
perlu menghubungkan dengan hal yang telah dibuat ssiswa atau pengalaman atau
minat dan kebutuhanya untuk mempermudah pemahaman hal-hal yang telah dikenal,
pengalaman, minat dan kebutuhan inilah yang disebut dengan pengait.
Contoh : Usaha guru untuk membuat
kaitan.
a. Permulaan pelajaran guru meninjau kembali sejauh mana
materi sebelumnya telah dipahami dengan mengajukan pertanyaan atau merupakan
inti materi pelajaran terdahulu secara singkat.
b. Cara membandingkan atau mempertentangkan dengan pengetahuan baru, hal ini dilakukan jika pengetahuan baru
b. Cara membandingkan atau mempertentangkan dengan pengetahuan baru, hal ini dilakukan jika pengetahuan baru
erat kaitanya dengan pengetahuan
lama.
Contoh : Guru bertanya untuk
mengetahui pemahaman siswa tentang pengurangan sebelum mengerjakan pembagian.
c. Cara menjelaskan konsepnya atau pengertian lebih dahulu sebelum mengerjakan bahan secara terperinci.
c. Cara menjelaskan konsepnya atau pengertian lebih dahulu sebelum mengerjakan bahan secara terperinci.
Menutup Pelajaran
Menjelang akhir pelajaran atau
ahir setiap penggal kegiatan guru harus melakukan penutupan pelajaran agar
siswa memperoleh gambaran yang utuh tentang pokok materi.
Cara yang dapat dilakukan adalah :
Cara yang dapat dilakukan adalah :
1.
Meninjau Kembali
Akhir kegiatan guru harus
meninjau kembali apakah inti pelajaran yang diajarkan sudah dipahami oleh
siswa, kegiatan ini meliputi
Merangkum inti pelajaran
(berlangsung selama proses PBM).
Membuat ringkasan (dimaksudkan dengan adanya ringkasan siswa yang tidak memiliki buku atau yang terlambat
Membuat ringkasan (dimaksudkan dengan adanya ringkasan siswa yang tidak memiliki buku atau yang terlambat
bisa mempelajarinya kembali).
2.
Mengevaluasi
Salah satu upaya untuk mengetahui
apakah siswa sudah mendapatkan pemahaman yang utuh terhadap konsep yang
dijelaskan adalah dengan
evaluasi.
Bentuk-Bentuk Evaluasi Itu
Meliputi
a.
Mendemonstrasikan
ketrampilan
Contoh : Setelah selesai
mengarang puisi guru dapat meminta siswa untuk membacakan di depan kelas.
b.Mengaplikasikan ide baru pada
situasi lain
Contoh : Guru merupakan persamaan kuadrat siswa disuruh menyelesaikan soal persamaan.
Contoh : Guru merupakan persamaan kuadrat siswa disuruh menyelesaikan soal persamaan.
c.Mengekpresikan pendapat siswa
sendiri
Guru dapat meminta komentar
tentang keefektifan suatu demontrasi yang dilakukan guru atau siswa lain.
Soal-soal tertulis
Uraian
Tes objektif
Tes objektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar