Welcome to my blog !

Rabu, 02 Januari 2013

Hakikat Keterampilan Berbicara.


Dalam ilmu bahasa kita mengenal pengertian bahasa adalah suatu system lambing bunyi yang diucapkan oleh manusia untuk berkomunikasi. Berdasrkan hal itu maka hakikat keterampilan berbicara tidak terlepas dari dua hal yaitu:
a.   Bahasa adalah suatu system lambing bunyi yang diucapkan
b.   Bahasa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi.
Untuk memperluas pengertian kita mengenal hakikat keterampilan berbicara beberapa konsep di bawah ini perlu kita pahami:
a.   Keterampilan berbicara adalah suatu jenis keterampilan yang sangat penting untuk berkomunikasi. Komunikasi dapat berlangsung efektif dan efisien dengan menggunakan bahasa. Sedangkan hakikat bahasa adalah ucapan. Proses pengucapan bunyi berbahasa itu tidak lain adalah berbicara. Untuk dapat berbicara dengan baik diperlukan keterampilan berbicara. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa, keterampilan berbicara adalah wujud komunikasi yang utama.
b.   Keterampilan berbicara adalah suatu proses yang kreatif. Dengan keterampilan berbicara kita dapat menyampaikan:
1.   Berbagai macam informasi
2.   Kemauan dan keinginan
3.   Pengungkapan berbagai perasaan
Pengungkapan berbagai hal dengan keterampilan berbicara tersebut,berlangsung dalam berbagai peristiwa komunikasi. Setiap peristiwa komunikasi dengan keterampilan berbicara akan terjadi interaksi yang bersifat aktif dan kreatif antara pembicara dengan pendengar.
c.   Keterampilan berbicara adalah hasil proses belajar. Setiap pemakaian bahasa yang secara fisik dan psikologis norma tertentu dapat berbicara. Namun seseorang yang dapat berbicara belum tentu memilik keterampilan berbicara sebagaimana  telah dikemukakan di atas. Keterampilan berbicara pada hakikatnya adalah kemampuan memmilih dan menata gagasan sevra logis dan sistematis dan  menuangkan ke dalam bentuk kebahsaaan sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku, secara konteks komunikasi.

1 komentar:

  1. ships bagus banget blog yang di sajikan, n kebetulan juga aku dapat tugas kuliah tentang ketrampilan membaca

    BalasHapus