Welcome to my blog !

Selasa, 01 Januari 2013

Cara Belajar Efektif dan Efisien



Cara belajar yang baik/efektif dan efisien sangat menentukan keberhasilan kita dalam memahami suatu pelajaran, Hampir semua pelajar pernah mengalami kesulitan dalam mempelajari suatu materi

1. Pastikan kamu lagi good mood buat belajar,
Mungkin sebagian orang menyepelekan hal ini, ketika kita belajar pastikan jiwa kita Lagi mood buat belajar. Karena ini mempengaruhi konsentrasi kamu ketika belajar. Ketika kamu belajar saat bad mood, hanya beberapa persen saja pelajaran yang masuk ke otak Misal kamu lagi berantem sama cewe-nya, coba deh tenganin dulu pikiran kamu, lupakan dia sejenak buat focus belajar. Dan ketika sudah tenang, Mulain buka buku..
2. Buat diri kamu tenang, relax dan se-enjoy mungkin.
Setiap orang punya cara sendiri dalam menenangkan pikiranya. Terutama dalam memilih tempat dan Suasana yang kondusif untuk belajar. banyak cara yang bisa dilakukan biar belajar kita lebih enjoy. Misal dengan cara sambil mendengarkan musik, naik pohon,mendengarkan siaran radio, sambil ngemil dan lain lain. Lakukan saja jika hal itu bisa membuat kamu lebih relax dan dengan catatan tidak menggangu konsentrasi belajar
3. Atur waktu dan tempat yang tepat untuk belajar
Dari 24 jam yang kita miliki, atur waktu belajar yang tepat. Misalkan pada saat dini hari, karena suasanya sangat hening dan itu akan membuat kiat lebih mudah untuk berkonsentrasi. Atau mungkin saat sepulang sekolah /sebelum tidur. Atur Jadwal sesuai dengan waktu luang dan kesibukan kamu,
4. Konsentrasi penuh saat belajar.
Kunci utama keberhasilan kamu dalam belajar ialah konsentrasi, jadi kamu harus benar-benar focus memahami dan mempelajari materi. Bila perlu matikan handphone kamu saat belajar, karena handphone biasanya sering mengganggu konsentrasi belajar. Dan yang perlu di ingat adalah “ kamu belajar untuk bisa memahami materi, bukan untuk memperoleh nilai tinggi “.nilai tinggi yang kamu dapatkan anggap saja sebagai bonus dari usaha kamu, tetapi tujuan utama kamu adalah memahami materi.
5. Metode belajar
Berikutnya kamu harus menggunakan metode belajar yang benar, agar materi yang kita pelajari bisa awet, hehehe
Berikut ini saya kasih triknya :
  • Baca dan pahami materi yang sedang kamu pelajari.
  • Beri tanda pada point-point yang membantu kamu untuk memahmi materi.
  • Setelah selesai mebaca dan memahami materi, tulis kembali point-point yang kamu pelajari tanpa     melihat buku catatan. Tulisan ini kamu jadikan sebagai rangkuman materi yang tadi kamu pelajari.
  • Jika selesai, cek kembali tulisan yang kamu buat dengan catatan asli, apakah sesuai atau menyimpang? Ini bisa mengukur daya serap kamu  mengingat dan memahami materi.
  •  Selanjutnya coba kamu jelaskan kembali point point yang tadi dipelajari menggunakan kata katamu sendiri., kembangkan point tadi, layaknya kamu seorang guru yang sedang mengajar muridnya.
6. Buat target pemahaman materi
Pembuatan target ini, membantu kamu untuk menghilangkan rasa malas ketika belajar. Bila perlu buat  hukuman untuk kamu sendiri jika tidak berhasil mencapai target tersebut.
7. Hilangkan kebiasaan menghafal, focus pada pemahaman materi.
Memahami materi akan lebih lama di ingat daripada menghafal, tapi memang ada beberapa pelajaran yang memang harus di hafalkan. Tapi alangkah lebih baik jika selain kamu hafal tapi kamu juga bener memahami apa yang kamu hafalkan.
8. Istirahat yang cukup
Ini juga hal yang penting yagn tidak boleh di lupakan. Kita jangan terlalu terobsesi untuk mencapai target belajar. Tapi luangkan waktu beberapa jam untuk istriahat dan menyegarkan pikiran kamu.

http://awingsblog.blogspot.com/2012/03/cara-belajar-efektif-dan-efisien.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar