Welcome to my blog !

Sabtu, 12 Januari 2013

Belajar Bahasa Indonesia untuk Pemula


Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional negara Indonesia. Cara pelafalan bahasa Indonesia cukup mudah karena diucapkan sesuai bunyi huruf/fonemnya, dengan terkecuali. Misalkan pelafalan huruf /a/, buka mulut dan keluarkan suara seperti biasanya, maka akan keluar bunyi huruf /a/. Mengenai hal tersebut akan lebih di bahas pada bagian Fonologi Bahasa Indonesia.
PEMBELAJARAN PERTAMA
Firstly, let’s we know the kosakata (vocabulary), ucapan-ucapan (greetings), and recognize a simple conversations.

Saya / aku = I
Anda / kamu = you
Dia = she/he
Ayah / bapak = fahter
Bunda / ibu = mother
Kakak = elder sister / elder brother
Adik = young sister / young brother
Pagi = morning
Siang/sore = noon/afternoon
Malam = night
Menulis = write
Makan = eat (verb)
Makanan = food (noun)
Minum = drink (verb)
Minuman = drink (noun)
Lapar = hungrys
Tidur = sleep
Senang = happy
Sedih = sad
Marah = angry
Lelah = tired
Nama = name
Dari = from
Untuk = to/for
Hari ini = today
Besok = tomorrow
Kemarin = yesterday
GREETING
Selamat pagi = good morning
Selamat malam = good night
Selamat tidur (if your friend will go to sleep)
Selamat makan (pronounceable before eat)
Selamat jalan = good bye
Saya lapar = I’m hungry
Saya lelah = I’m tired
Saya cantik = I’m beautiful
Kamu cantik = You’re beautiful (for girl/woman)
Kamu tampan = You’re handsome (for man)
Kamu keren = You’re cool.
Saya sayang kamu = I love you
Saya mempunyai dua adik perempuan = I have two sisters.
Ayah saya seorang guru matematika = My father is a mathematics teacher.
Saya suka lagu-lagu Super Junior = I likes Super Junior songs.
Kamu teman terbaikku = You’re my best friend.
Saya sedang belajar Bahasa Indonesia = I’m study Indonesia language.
Hobi saya bernyanyi = My hobby is singing.
Saya ingin boneka itu = I want that doll.
Ayo bermain petak umpet! = Let’s play hide and seek.
Kemarin saya pergi ke Bali = Yesterday I went to Bali.
Hari ini saya pergi ke rumah Zeynep = Today I go to Zeynep house.
Besok saya akan pergi ke Korea = Tomorrow I will go to Korea.

Sekarang, untuk penutur asing yang baru pertama kali belajar Bahasa Indonesia, saya akan mengajak Anda untuk mengetahui percakapan (dialog) dalam Bahasa Indonesia yang mudah, sederhana, dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.
http://robita.wordpress.com/2011/01/19/cara-cepat-belajar-bahasa-indonesia-untuk-pemula/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar