Welcome to my blog !

Jumat, 11 Januari 2013

batas kesiapan bersekolah


Secara konvensional batasan Kesiapan Bersekolah dipandang sempit hanya terbatas pada masalah kesiapan akademik yang terstruktur. Namun demikian berdasarkan penelitian pada perkembangan anak dan edukasi dini, batasan dari kesiapan bersekolah ternyata lebih luas, di dalamnya tercakup kesiapan fisik, sosial dan emosional, termasuk kesiapan secara kognitif. Terdapat 3 komponen utama untuk kesiapan bersekolah yaitu kesiapan anak, kesiapan sekolah dan kerangka investasi masyarakat.
I. Kesiapan anak
Terdapat 5 aspek utama: dalam kesiapan anak Kesehatan fisik dan perkembangan motorik:
Aspek ini meliputi status kesehatan, pertumbuhan dan kemampuan fisik. Termasuk juga didalamnya kemampuan fisik seperti kemampuan menggunakan otot-otot kecil/ motorik halus dan kemampuan
menggunakan otot-otot besar/ motorik kasar, hal ini juga terkait pada kondisi selama dan setelah kelahiran. Perkembangan sosial dan emosional:
Perkembangan sosial merujuk pada kemampuan anak untuk berinteraksi secara sosial. Kemampuan adaptasi yang positif terhadap lingkungan sekolah membutuhkan kemampuan sosial untuk saling pengertian dan bekerja sama. Perkembangan emosionat termasuk di dalamnya kemampuan persepsi terhadap dirinya, kemampuan memahami emosi orang lain dan kemampuan untuk mengerti serta mampu mengekspresikan perasaannya. Pendekatan pembelajaran:
Aspek ini merujuk pada kecenderungan menggunakan keahlian, pengetahuan dan kemampuan. Komponen kuncinya termasuk antusiasme, keingintahuan dan kemampuan menyelesaikan tugas, seperti pola temperamen dan nilai kultural.
Perkembangan bahasa
Aspek ini meliputi bahasa verbal dan kemampuan membaca. Bahasa verbal meliputi kemampuan mendengar, berbicara dan perbendaharaan kata. Kemampuan membaca termasuk membaca tulisan, pengertian tehadap suatu cerita dan proses menulis.
Kognisi dan pengetahuan umum
Aspek ini meliputi kemampuan untuk mengetahui sifat dan benda tertentu dan kemampuan yang didapat dengan mengamati objek, peristiwa atau orang mengenai kesamaan, perbedaan dan hubungannya. Termasuk juga pengetahuan tentang konsep perhitungan.
2. Kesiapan sekolah
Kriteria sekolah yang slap mendukung pembelajaran dan perkembangan anak merupakan sekolah yang mempunyai ciri-ciri:
terdapatnya masa transisi antara lingkungan rumah ke lingkungan sekolah.
berusaha mempertahankan kontinuitas antara asuhan awal, program pendidikan yang diterapkan dan pendidikan sekolah dasar.
menolong anak untuk belajar dan dapat mengerti kompleksitas dunia yang dihadapinya.
memiliki kepedulian terhadap keberhasilan yang dicapai oleh setiap anak didik. Memperkenalkan dan mengembangkan pendekatan-pendekatan yang telah terbukti berhasil meningkatkan keberhasilan proses belajar.
3. Kerangka investasi masyarakat pada kesiapan bersekolah
Kesiapan bersekolah dari sudut pandang komunitas pada hakekatnya adalah bentuk investasi masyarakat dalam membentuk kualitas masyarakat yang tinggi dikemudian hari. Faktor dukungan keluarga, pola asuh, pendidikan dan faktor lingkungan Iainnya ternyata memberikan pengaruh kuat yang dapat membantu perkembangan anak.
PENILAIAN KESIAPAN BERSEKOLAH
Penilaian seperti apa yang perlu kita tahu tetang kesiapan anak-anak kita untujk sekolah. Yang mana diataranya;
1.    Tes Psikologis
Tes psikologis biasanya dilakukan oleh psikolog. Hasil tes ini dapat memberikan informasi bahwa ada sesuatu masalah yang spesifik pada anak, untuk selanjutnya mereka akan mendapatkan intervensi dini dan setelah itu dilakukan evaluasi apakah ada manfaatnya bagi anak tersebut, atau harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
2.   Ceklist Kesiapan Bersekolah
Merupakan alat yang sederhana dan memungkinkan penggunaan secara luas. Orang tua dapat mengetahui secana umum kemampuan anak sebagal prasyarat masuk TK atau sekolah dasar
Taman Kanak-kanak Mengetahui warna dasar Mengenal beberapa huruf besar Mengenal angka 1-10
Menulis nama pertama dengan jelas
Menggambar meniru bentuk
Dapat menghitung benda satu demi satu
Bermain secara kooperatif
Sekolah Dasar
Mengetahui alamat dan tanggal lahir
Mengenal semua huruf (huruf besar dan kecil)
Mengenal suara yang dibentuk oleh suatu kata
Membaca beberapa kata sederhana
Mengerti konsep "lebih banyak" dan "lebih sedikit"
Dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dengan anak lain
Mengerti humor.


http://sdsnpengasinan.blogspot.com/2010/07/persiapan-anak-pertama-masuk-sekolah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar