Welcome to my blog !

Minggu, 13 Januari 2013

Habibie dan Ainun


Film ini juga sangat mencuri perhatian kalangan remaja sampai orang-orang pemerintahan sono noh. Fim yang mengisahkan mantan presiden ini adalah nyata yang langsung di filmkan dan disutradarai oleh Faozan Rizal ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir. Kisah tentang Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun.
Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.
Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.
Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.
Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar; Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi?

5 cm


        Film-film di Indonesia sekarang sedang menjadi primadona buat orang suka menonton fil, salah satunya film 5 CM (17 Agustus di puncak tertinggi Jawa, 5 sahabat 2 cinta, sebuah mimpi mengubah segalanya) ini sangat mencuri perhatian para remaja dan asiknya lagi jika di tonton bareng sama sahabat-sahabatnya. Film yang diperankan oleh Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan belasan tahun lamanya. Suatu hari mereka berlima merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka dan akhirnya kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.
Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk  lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlimapun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan
tantangan. Sebuah perjalanan hati demi  mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Sebuah perjuangan atas impian, perjalanan hati yang merubah hidup mereka untuk selamanya.

menjadi guru yang baik


Menjadi guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru tersebut tapi soal kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat marah jika muridnya sering berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat siswa tertib adalah kesibukan yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun tetap bermakna memang tantangan semua guru. Ada guru yang senang memberi soal sulit pada siswanya dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak dipusingkan oleh masalah perilaku.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam mengajar siswanya di hari itu.
Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara mengajar dan perencanaan mengajar kita.
1.    rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
2.   selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
3.   tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
4.   rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
5.   masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
6.   pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
7.   saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
8.   tebarkan senyum pada seisi kelas
9.   ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
10.  berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
11. minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
12.  kurangi gaya  ‘one man show’ saat mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang anda berikan.
http://gurukreatif.wordpress.com/2012/01/12/12-cara-menjadi-guru-yang-baik

Sabtu, 12 Januari 2013

Belajar Bahasa Indonesia untuk Pemula


Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional negara Indonesia. Cara pelafalan bahasa Indonesia cukup mudah karena diucapkan sesuai bunyi huruf/fonemnya, dengan terkecuali. Misalkan pelafalan huruf /a/, buka mulut dan keluarkan suara seperti biasanya, maka akan keluar bunyi huruf /a/. Mengenai hal tersebut akan lebih di bahas pada bagian Fonologi Bahasa Indonesia.
PEMBELAJARAN PERTAMA
Firstly, let’s we know the kosakata (vocabulary), ucapan-ucapan (greetings), and recognize a simple conversations.

Saya / aku = I
Anda / kamu = you
Dia = she/he
Ayah / bapak = fahter
Bunda / ibu = mother
Kakak = elder sister / elder brother
Adik = young sister / young brother
Pagi = morning
Siang/sore = noon/afternoon
Malam = night
Menulis = write
Makan = eat (verb)
Makanan = food (noun)
Minum = drink (verb)
Minuman = drink (noun)
Lapar = hungrys
Tidur = sleep
Senang = happy
Sedih = sad
Marah = angry
Lelah = tired
Nama = name
Dari = from
Untuk = to/for
Hari ini = today
Besok = tomorrow
Kemarin = yesterday
GREETING
Selamat pagi = good morning
Selamat malam = good night
Selamat tidur (if your friend will go to sleep)
Selamat makan (pronounceable before eat)
Selamat jalan = good bye
Saya lapar = I’m hungry
Saya lelah = I’m tired
Saya cantik = I’m beautiful
Kamu cantik = You’re beautiful (for girl/woman)
Kamu tampan = You’re handsome (for man)
Kamu keren = You’re cool.
Saya sayang kamu = I love you
Saya mempunyai dua adik perempuan = I have two sisters.
Ayah saya seorang guru matematika = My father is a mathematics teacher.
Saya suka lagu-lagu Super Junior = I likes Super Junior songs.
Kamu teman terbaikku = You’re my best friend.
Saya sedang belajar Bahasa Indonesia = I’m study Indonesia language.
Hobi saya bernyanyi = My hobby is singing.
Saya ingin boneka itu = I want that doll.
Ayo bermain petak umpet! = Let’s play hide and seek.
Kemarin saya pergi ke Bali = Yesterday I went to Bali.
Hari ini saya pergi ke rumah Zeynep = Today I go to Zeynep house.
Besok saya akan pergi ke Korea = Tomorrow I will go to Korea.

Sekarang, untuk penutur asing yang baru pertama kali belajar Bahasa Indonesia, saya akan mengajak Anda untuk mengetahui percakapan (dialog) dalam Bahasa Indonesia yang mudah, sederhana, dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.
http://robita.wordpress.com/2011/01/19/cara-cepat-belajar-bahasa-indonesia-untuk-pemula/

Tips Cara Cepat Ajarkan Anak Membaca!

KITA harus percaya bahwa anak-anak memiliki kemampuan belajar yang tidak tertandingi, karena banyak bukti sudah kita lihat dalam kehidupan sehari-hari mereka bisa menghafal iklan. Nyeletuk ketika kita berbicara dengan orang lain, dan menyerap kata-kata yang kita ucapkan.
Dalam bukunya How to Teach Your Baby to Read, Glen Doman mengatakan bahwa pada dasarnya kemampuan anak khususnya balita sangat luar biasa. Bahkan, kata Doman, otak anak yang separuhnya sudah dilakukan pembedahan Hemispherectomy (membuang separuh fisik otaknya) bisa punya kemampuan sama dengan anak yang otaknya utuh dan normal.
Sebetulnya, dalam metode Doman, mengajar membaca pada anak balita itu mudah dan  sederhana. Hanya saja, saking mudah dan sederhana
itulah kita justeru seringkali mengabaikan, menunda, serta menyepelekannya, sehingga akhirnya waktu terlewat dan semua sudah terlambat.
Mudah dan sederhana, namun bukan berarti bisa "seenaknya". Ada hal-hal perlu dilakukan dan penting dilakoni, yang tentu agar tujuan mengajari membaca pada anak-anak tercapai dengan hasil memuaskan.

Apa yang Boleh?
- Jangan membuat anak menjadi bosan dengan maju terlalu cepat, maju terlalu lambat, serta terlalu sering memberi tes.
- Jangan memaksa anak, apapun bentuknya.
- Jangan tegang, sehingga Anda lebih baik menunda jika suasana tidak mendukung, baik pada Anda maupun si anak.
- Jangan dulu mengajarinya abjad, namun ajari ia kata-kata.

Yang Harus?
- Bergembiralah dan buat suasana hati anak senang dan nyaman menerima "pelajaran" dari Anda.
- Selalu ciptakan cara baru. Ingat, bagaimanapun jeleknya cara Anda mengajar, hampir bisa dipastikan bahwa ia akan belajar lebih banyak daripada tidak diajarkan sama sekali.
Metode Glen Doman (Tahap I)
Sebaiknya tunda dulu mengajarkan anak Anda tentang huruf, karena unsur terkecil dari sebuah bahasa adalah kata, bukan huruf.
Bentuk kata adalah kongkrit, sedangkan huruf adalah abstrak. Sementara, mengajar anak akan lebih mudah pada hal-hal yang kongkrit, bukan hal-hal abstrak yang membuatnya berpikir terlalu dalam atas apapun yang Anda ajarkan.
Salah satu cara mudah dan sederhana mengajarkan anak membaca melalui pengenalan kata adalah dengan menggunakan Metode Glen Doman. Simak langkahnya berikut ini;
1. Buat 15 kata dibagi dalam 3 set kategori berbentuk kartu dari karton dan spidol. Masing-masing terdiri Set Kategori A, Set Kategori B dan Set Kategori C yang berbeda.
2. Contoh, gunakan tema nama-nama dalam anggota keluarga di Set A (ayah, ibu, tante, kakek, nenek), nama buah di Set B (apel, pisang, jambu, jeruk, durian), dan nama hewan di Set C (ayam, itik, angsa, ikan, kuda).
3. Ambil satu kartu yang paling depan/tumpukan karton pertama di Set A, sebutkan (bacakan) dan ajak anak menirukannya.
- Ingat, tak perlu jelaskan artinya tentang apa yang dibaca oleh si anak.
- Tak lebih dari satu detik, ambil kartu dari belakang dan lakukan seperti yang pertama.
- Perhatikan wajah anak ketika menyebutkan kata, amati kata yang disukainya dan yang tidak.
- Jangan minta anak mengulang kata-kata yang kita bacakan tadi.
- Setelah membaca lima kata, stop pelajaran ini. Peluk anak Anda dan puji dia dengan menunjukkan Anda bangga atas apa yang dilakukannya.

4. Di hari pertama pelajaran, lakukan untuk Set A sebanyak tiga kali (3x)
5. Hari kedua lakukan Set A = 3x, Set B = 3x
6. Hari ketiga Set A = 3x, Set B = 3x, dan Set C = 3x
7. Hari keempat sampai dengan keenam sama seperti hari ketiga

- Setiap kata dibaca maksimal antara 15 - 25 kali. Setelah sebanyak itu, kata harus diganti. Caranya, setelah hari keenam ambil 1 kata dari setiap Set dan gantilah dengan sebuah kata baru
- Setiap satu Set yang Anda bacakan selesai lansung diacak, hal ini supaya anak tidak bisa menebak urutan kata
- Jangan pernah mengulang kata yang sudah Anda bacakan, sehingga tidak salah Anda menandai tiap kata yang sudah Anda bacakan dengan pensil. Tanda ini juga bisa dijadikan patokan sudah berapa kali kata ini kita bacakan.
http://afif-ridhani.blogspot.com/2012/01/tips-cara-mengajari-anak-membaca-dan.html